Pariwisata Penunjang Ekonomi Kabupaten Pesawaran


Pariwisata mampu menjadi industri yang mendukung pertumbuhan ekonomi di kabupaten Pesawaran. Kabupaten Pesawaran adalah salah satu kabupaten di Provinsi Lampung, Indonesia. Kabupaten ini diresmikan pada tanggal 2 November 2007 berdasarkan Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2007 tentang Pembentukan Kabupaten Pesawaran. Semula kabupaten ini merupakan bagian dari Kabupaten Lampung Selatan. Daerah ini kaya akan sumberdaya alam pertanian, perkebunan dan kehutanan. Secara umum memiliki iklim hujan tropis sebagaimana iklim Provinsi Lampung pada umumnya.Kabupaten pesawaran terdiri dari 13 kecamatan yaitu Gedong Tataan, Kedondong, Negeri Katon, Padang Cermin, Punduh Pidada, Tegineneng, Way Lima, Way Ratai, Way Khilau, Marga Punduh, Teluk Pandan dan Way Ratai. Kabupaten Pesawaran merupakan daratan dengan ketinggian dari permukaan laut yang bervariasi membuat kabupaten Pesawaran memiliki ciri khas tersendiri.
Dalam rangka pengembangan pariwisata dengan potensi pariwisata yang dimiliki Kabupaten Pesawaran, diantaranya wisata pantai, wisata alam, wisata pulau, Pemerintah Kabupaten Pesawaran tetap menggandeng pihak swasta dan stakeholder lainnya. Hal mendasar yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Pesawaran dalam mewujudkan Bumi Wisata 2015 yaitu dengan penyediaan infrastruktur dasar berupa pembangunan jalan sebagai akses dalam mengembangkan potensi pariwisata di Kabupaten Pesawaran, men-jamin rasa aman dan nyaman kepada wisatawan, serta memberdayakan masyarakat lokal untuk mengurangi angka kemiskinan dan pengangguran.
Pada tahun 2011 dan 2012, Pemerintah Kabupaten Pesawaran telah mendapatkan progrm PNPM Mandiri Pariwisata dari kementerian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif dalam rangka pengembangan Desa Wisata, yaitu Desa Sukajaya Lempasing Kecamatan Padang Cermin pengembvangan pariwisata dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten diantaranya Pemberdayaan Kelompok Usaha Sablon, Usaha Keripik, Usaha Terasi, pembelian dua buah kapalperahu untuk transportasi antar pulau, pembuatan gerai untuk penjualan makanan di tempat wisata, serta peningkatan saran dan prasarana budaya untuk pentas seni di Tempat Hiburaan Wisata. Dalam rangka pengembangan pariwisata Kabupaten Pesawaran juga melakukan pembinaan terhadap musisi dan pencarian bakat dalam bidang musik dan telah membentuk Pesawaran band.
Pemanfaatan dan pengembangan pariwisata di kabupaten Pesawaran beserta obyek-obyeknya dapat dilakukan sesuai dengan potensi yang ada, jenis-jenis wisata tersebut antara lain :
  1. Wisata Bahari, berupa pantai, laut dan pantai
  2. Wisata Tirta, berupa sungai dan air terjun
  3. Wisata Agro, berupa perkebunan kelapa sawit, kopi, karet, budidaya kerang mutiara dan ikan kerapu
  4. Wisata Gunung, berupa gunung dan pegunungan
  5. Wisata Alam, berupa flora dan fauna di Taman Hutan Rakyat (TAHURA)
  6. Wisata minat khusus, berupa snorkeling, diving dan mountain bike
  7. Wisata Budaya, berupa arsitektur bangunan/rumah adat, peninggalan sejarah dan adat, peninggalan sejarah dan adat istiadat Lampung. 
Dari setiap jenis pariwisata yang ada di kabupaten Pesawaran bisa dikembangkan agar menarik para wisatawan yang bisa meningkatkan pendapatan daerah. Perkembangan objek pariwisata tisak lupa diiringi dengan menerapkan tujuh konsep sadar wisata yaitu Sapta Pesona yang terdiri dari Aman, Tertib, Bersih, Sejuk, Indah, Ramah, Kenangan. Dengan mengembangkan berbagai jenis pariwisata selain meningkatkan pendapatan daerah juga memberi lapangan pekerjaan kepada penduduk setempat.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hak dan Kewajiban sebagai Warga Negara