Identitas Nasional

Identitas dapat diartikan sebagai sifat khas yang dapat menggambarkan dengan baik dan sesuai dengan orang, kelompok atau negara tersebut. Sementara Identitas Nasional ialah suatu ciri yang dimiliki suatu bangsa, secara fisiologi yang membedakan bangsa tersebut dengan bangsa yang lainnya. Berdasarkan pengertian tersebut maka setiap bangsa di dunia ini akan memiliki identitas sendiri-sendiri sesuai dengan keunikan, sifat, ciri-ciri serta karakter dari bangsa tersebut. Demikian pula dengan hal ini sangat ditentukan oleh proses bagaimana bangsa tersebut terbentuk secara historis.

Dari ulasan diatas dapat kita katakan bahsa identitas nasional Indonesia
adalah ciri, tanda atau jati diri bangsa Indonesia yang membedakan bangsa Indonesia
dengan bangsa lainnya. (erbicara tentang identitas nasional, Indonesia memiliki
beberapa identitas nasional yang membedakan dengan bangsa lain yaitu)
1. Bahasa Nasional atau (bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia
2. Bendera negara yaitu Sang Merah Putih
3. Lagu Kebangsaan yaitu Indonesia 0aya
4. Lambang Negara yaitu Pancasila
5. Semboyan Negara yaitu Bhinneka Tunggal Ika
6. Dasar Falsafah negara yaitu Pancasila
7. Konstitusi Hukum Dasar negara yaitU UUD 1945
8. Bentuk Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat
9. Konsepsi Wawasan Nusantara
10. Kebudayaan daerah yang telah diterima sebagai Kebudayaan Nasional.

Dalam pembentukan identitas nasional Indonesia dibutuhkan komposisi atau unsur-unsur yang mendukung terbentuknya identitas nasional
Indonesia yaitu;
1. Suku bangsa: adalah golongan sosial yang khusus yang bersifat askriptif (ada sejak lahir), yang sama coraknya dengan golongan umur dan jenis kelamin. Di Indonesia terdapat banyak sekali suku bangsa atau kelompok etnis dengan tidak kurang 300 dialeg bangsa.
2. Agama: bangsa Indonesia dikenal sebagai masyarakat yang agamis. Agama-agama yan tumbuh dan berkembang di nusantara adalah agama Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha dan Kong Hu Cu. Agama Kong H Cu pada masa orde baru tidak diakui sebagai agama resmi negara. Namun sejak pemerintahan presiden Abdurrahman Wahid, istilah agama resmi negara dihapuskan.
3. Kebudayaan: adalah pengetahuan manusia sebagai makhluk social yang isinya adalah perangkat-
perangkat atau model-model pengetahuan yang secara kolektif digunakan oleh pendukung-pendukungnya untuk menafsirkan dan memahami lingkungan yang dihadapi dan digunakan sebagi rujukan dan pedoman untuk bertindak (dalam bentuk kelakuan dan benda-benda kebudayaan) sesuai dengan lingkungan yang dihadapi.
4. Bahasa: merupakan unsure pendukung Identitas Nasonal yang lain. Bahsa dipahami sebagai system perlambang yang secara arbiter dientuk atas unsure-unsur ucapan manusia dan yang digunakan sebgai sarana berinteraksi antar manusia.

Hal yang selanjutnya harus dijalankan ialah menjaga kelestarian identitas nasional bangsa kita.
Mungkin masih ada dalam ingatan kita ketika ada negara lain yang menyebutkan bahwa batik ialah milik mereka. Padahal kita tahu bahwa disinilah batik berasal. Lalu mengapa hal tersebut dapat terjadi?. Karena kita sebagai warga negara Indonesia sendiri pun masih kurang bangga dengan adanya hal tersebut contohnya berapa banyak dari kita yang menganggap bahwa batik itu kuno dan ketinggalan zaman. Oleh karena itu kita harus bangga dengan apa yang telah menjadi identitas bangsa ini.

Salah satu diantara banyak identitas kita lainnya ialah, gotong royong. Gotong royong dapat
diartikan sebagai sikap bahu membahu untuk menggapai tujuan bersama. Tujuan dari gotong royong
sendiri ialah memudahkan dan lebih mempererat hubungan per individu. Sangat disayangkan identitas bangsa yang satu ini lama kelamaan terkikis habis oleh perkemangan zaman. Dapat dikatakan kita semakin acuh tak acuh dengan orang-orang di sekitar kita. Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk mempertahankan Identitas Nasional kita yaitu diantaranya;

A. Mengembangkan Nasionalisme
Secara umum, nasionalisme dipahami sebagai kecintaan terhadap tanah air, termasuk segala aspek yang terdapat di dalamnya. Dari pengertian tersebut ada beberapa sikap yang mencermikan sikap nasionalisme,
yaitu :
1. Menggunakan barang-barang hasil bangsa sendiri, karena bias menambah rasa cinta dan bangga akan hal yang dibuat oleh tangan- tangan kreatif masyarakatnya.
2. Menghargai perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan bangsa seperti mengunjungi hal-hal yang berkaitan tentang sejarah bangsa ini lahir. Hal ini bertujuan untuk membangkitkan jiwa nasionalisme yang ada pada masing-masing individu.
3. Berprestasi dalam semua bidang misalkan dari bidang olah raga , akademik, teknoogi dan lain-lain.Hal ini bertujuan untuk menambahkan rasa bangga dan rela berkorban demi bangsa.

B. Pendidikan
Pendidikan nasional mempunyai peran yang sangat besar didalam pembentukan jati diri bangsa
Indonesia. Di dalam upaya pembentukan dan mempertahankan jati diri bangsa, peran pendidikan sangat efektif untuk menimbulkan rasa memiliki dan keinginan untuk mengembangkan kekayaan nasional dari masing-masing budaya local. Hal ini sejalan dengan penuturan Syamhalim bahwa salah satu upaya untuk mengembalikan dan mengembangkan identitas nasional adalah melalui bidang pendidikan. Identitas Nasional yang di kembangkan melalui pendidikan diharapkan memberi harapan positif bagi kemajuan bangsa untuk mempertahankan karakteristiknya sebagai sebuah bangsa yang beradap.

C. Kebudayaan
Budaya merupakan kebiasaan atau pola kehidupan masyarakat yang terbentuk karena adanya kesamaan sejarah dan prilaku dalam lingkungan masyarakat itu sendiri. Di era globalisasi saat ini nilai budaya sudah mulai terintegrasi dengan peradaban baru. Untuk mempertahankan kebudayaan kita dituntut untuk lebih selektif dalam memilih kebudayaan baru yang datang dari luar. Bagi bangsa indonesia unsure bahasa telah merupakan bahasa persatuan dan kesatuan nasional sehingga bahasa Indonesia telah resmi menjadi bahasa Negara dari bangsa indonesi itu sendiri. Dalam mempertahankannya pemerintah sudah menerapkannya dalam pendidikan dasar hingga perguruan tinggi.

Nama :Sitti Chadijah Zain
NPM/ No. Absen :3102170488/ 36
Kelas :1-6
D I KEPABEANAN DAN CUKAI

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hak dan Kewajiban sebagai Warga Negara